Thursday, October 9, 2014

Belajar Apa Sih di Jurusan Bahasa Korea? (Part 2)

Banyak sekali orang yang mengira bahwa belajar di jurusan bahasa hanya belajar bahasa saja. Namun tidak begitu kenyataannya. Seorang mahasiswa di jurusan bahasa belajar sejarah, linguistik, ekonomi, dan sebagainya. Di dalam post saya sebelumnya yang berjudul Belajar Apa Sih Di Jurusan Bahasa Korea? (Part 1), saya sudah menjelaskan beberapa mata kuliah yang kami pelajari di tahun pertama. Kami mempelajari Bahasa Korea, MPK Seni/Olahraga, MPK Terintegrasi, Pengantar Linguistik Umum, Pengantar Sejarah Korea, Fonetik dan Fonologi Bahasa Korea, MPK Agama, MPK Bahasa Inggris, Pengantar Kebudayaan Korea, Pengantar Kesusastraan Korea, serta Sejarah Korea Modern. Nah di tahun kedua kami belajar apa ya?
14008157362086139095
Tahun Kedua
Di tahun kedua kami bisa mulai memilih mata kuliah pilihan yang sesuai dengan keinginan kami. Ada berbagai macam mata kuliah pilihan yang bisa dipilih di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, antara lain Bahasa Rusia Dasar, Bahasa Mandarin Dasar, Bahasa Spanyol Dasar, Bahasa Italia Dasar, Bahasa Jawa Dasar, Bahasa Bali Dasar, dan sebagainya. Selain memilih mata kuliah yang tersedia di fakultas kami, kami juga bisa memilih mata kuliah lintas fakultas, yaitu mata kuliah yang diajarkan di fakultas lain, misalnya Dasar-Dasar Pemrograman, Pengantar Akuntansi, dan sebagainya.
Bahasa Korea diajarkan di setiap semester tapi mata kuliah apa lagi yang diajarkan di tahun kedua?
  1. Kebudayaan Indonesia: Kita hidup di Indonesia, maka sudah pasti kita harus belajar mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia. Setiap kelas memiliki kekhasan pengajaran kebudayaan masing-masing. Namun dosen yang ada di kelas saya mengajarkan kebudayaan Indonesia secara umum, namun dengan penekanan mengenai wayang yang ada di berbagai daerah.

  2. Masyarakat dan Kebudayaan Korea: Di dalam mata kuliah ini, kami mempelajari bagaimana kehidupan bermasyarakat Korea dan kebudayaan yang termasuk di dalamnya. Kami juga mempelajari bagaimana aspek-aspek kehidupan seperti sosial ekonomi politik dapat mempengaruhi kehidupan bermasyarakat Korea.

  3. Morfologi Bahasa Korea: Morfologi adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajar mengenai kata. Dalam mata kuliah ini kami mempelajari morfologi dalam bahasa Korea.

  4. Sejarah Kesusastraan Korea: Dalam mata kuliah ini kami mempelajari sejarah kesusastraan korea mulai dari legenda-legenda, lagu-lagu, puisi-puisi, dan lainnya yang ada dari Dinasti Joseon Kuno sampai Dinasti Joseon.

  5. Sejarah Korea Kontemporer: Dalam mata kuliah ini, kami mempelajari mengenai sejarah Korea dari mulai zaman kemerdekaan sampai tahun 2000-an. Kami mempelajari sejarah ekonomi sosial politik yang terjadi pada zaman itu.

  6. Bahasa Inggris Akademik A: Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang tersedia di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Mata kuliah ini mengajarkan mengenai penulisan bahasa Inggris secara akademik.

  7. Kepercayaan Masyarakat Korea: Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang menarik. Kami mempelajari agama dan kepercayaan yang ada di Korea. Tidak hanya agama umum seperti Buddha Kristen Katolik saja yang ada di Korea, tetapi ada beberapa kepercayaan yang mungkin kita belum pernah dengar tapi dipercayai disana.

  8. Pengantar Filsafat dan Pemikiran Modern: Dalam mata kuliah ini kami mempelajari filsafat secara umum dan pemikiran-pemikiran yang ada di dalam masyarakat dunia. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib fakultas.

  9. Pengkajian Prosa Korea: Kami mempelajari mengenai prosa korea mulai dari akhir dinasti Joseon sampai masa penjajahan. Kami juga mempelajari mengenai bagaimana sastra bisa melawan penjajahan Jepang.

  10. Sintaksis Bahasa Korea: Sintaksis adalah cabang dari ilmu linguistik yang mempelajari mengenai kalimat. Kami secara khusus mempelajar sintaksis dalam bahasa Korea.
Demikian mata kuliah yang dipelajari dalam tahun kedua saya sebagai mahasiswa jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea Universitas Indonesia. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin tahu lebih lanjut mengenai jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Saya akan melanjutkan artikel ini dalam bagian ketiga yang akan menjelaskan mata kuliah yang saya ambil di tahun ketiga saya. Salam.

No comments:

Post a Comment