Keadaan Saat Dosen Tidak Masuk di Universitas Korea

Pada saat saya berkuliah di Universitas Indonesia, apabila ada dosen yang tidak masuk karena sakit atau ada urusan, maka kelas otomatis dibatalkan. Jika beruntung, maka kelas itu diliburkan. Namun, apabila dosennya rajin, maka kelas itu diganti di lain hari. Namun berbeda dengan universitas di Korea. Saya tidak tahu di universitas lain bagaimana. Namun di kampus saya tadi siang, dosen saya tidak masuk karena dirawat di rumah sakit. Namun bukannya dibatalkan, kelas tetap berlangsung dengan adanya presentasi yang memang dijadwalkan ada hari itu. Jika di Indonesia, orang yang melakukan presentasi biasanya akan santai dan cepat-cepat agar kelas cepat selesai, tetapi tidak dengan kelas saya hari ini. Kelas saya adalah kelas 구비문학특강 (Sastra Lisan). Kelas saya merupakan kelas gabungan mahasiswa S2 dan S3. Hari ini yang melakukan presentasi adalah mahasiswa S3 dan beliau melaksanakan presentasi seakan-akan ada dosen yang memperhatikannya dari meja dosen. Kelas yang sedianya berlangsung selama 2 jam 30 menit menjadi berlangsung selama 2 jam dengan adanya presentasi dan tanya jawab yang dilakukan oleh beliau. Saya salut sekali dengan konsistensi mahasiswa disini yang tetap rajin belajar dan melaksanakan kelas walaupun tidak ada dosen di kelas. Tadinya saya ingin memfoto suasana kelas yang tertib tadi, tetapi karena saya mahasiswa baru sendirian dan orang asing sendirian, jadi saya malu untuk mengambil gambar. Hihi^^

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

인도네시아 민요 소개

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School