Masuk Jurusan Sastra Korea Gak Harus Pintar Bahasa Korea

Kalau kamu suka banget Korea dan pengen banget belajar bahasa Korea di universitas, jangan takut kalau kamu gak bisa bahasa Korea. Banyak mahasiswa yang mulai dari nol, kok! Saya juga mulai dari nol waktu masuk jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea Universitas Indonesia di tahun 2009. Kalau kamu tertarik dengan jurusan sastra Korea, kamu harus pintar di bidang ilmu sosial dan humaniora karena kamu harus lulus salah satu dari SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri universitas. Jurusan sastra Korea masuk ke dalam rumpun humaniora sehingga kamu harus mendapatkan nilai yang cukup tinggi dalam bidang tersebut.

Jurusan berbau bahasa atau sastra Korea ada di mana aja sih?
Menurut website Kedutaan Besar Korea Selatan, universitas yang memiliki program studi Bahasa Korea adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Nasional, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Setiap universitas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Menurut saya sendiri, kalau kamu ingin koneksi yang bagus dan belajar bahasa Korea dengan sangat akademik, kamu bisa memilih UGM atau UI. Kalau kamu ingin belajar bahasa Korea yang praktis dan siap dipakai di dunia kerja, kamu bisa memilih Unas. Kalau kamu ingin menjadi guru bahasa Korea, kamu bisa memilih UPI.

Kalau kamu mau melihat perbandingan keempat kampus tersebut, kamu bisa membacanya di sini.
Kalau kamu mau melihat informasi lebih lengkap mengenai jurusan Sastra Korea di UGM, kamu bisa membacanya di sini dan di sini.
Kalau kamu mau melihat informasi lebih lengkap mengenai jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI, kamu bisa membacanya di sini.
Kalau kamu mau melihat informasi lebih lengkap mengenai jurusan Bahasa Korea di Unas, kamu bisa membacanya di sini.
Kalau kamu mau melihat informasi lebih lengkap mengenai jurusan Pendidikan Bahasa Korea di UPI, kamu bisa membacanya di sini.

Comments

  1. Kak saya masih SMA kls 2 kmrin saya di marahin SMA ibu saya karena rapot saya katanya nialinya pas2qn padahal setiap hari saya bljr smpai jam 12 mlm dan saya mendapat kan ranking 3 to kata ibu saya itu masih kurang kak,dan skrng saya sangat minat masuk jurusan kebudayaan dan bahasa Korea kak to saya takut sya tidak lulus seleksi dan soal sebelum masuk jurusannya dan saya jga takut ibu saya tidak menyetujui saya masuk jurusan ini padahal saya sangat menyukai tentang Korea πŸ₯ΊπŸ˜’

    ReplyDelete
  2. Dan saya ingin bertanya soalnya ujian untu masuk jurusan ini seperti apa sih kak

    ReplyDelete
  3. ka bisa di ceritain lagi gimana pas udah mulai kuliah waktu itu? biar aku ada gambaran pas udah kuliah

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

μΈλ„λ„€μ‹œμ•„ λ―Όμš” μ†Œκ°œ

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School