Mengajar Bahasa Indonesia di Korea

 Salah satu kerja sampingan yang saya lakukan di Korea adalah mengajar bahasa Indonesia. Pada awalnya, saya juga tidak tahu bagaimana cara mengajar bahasa Indonesia dengan pengantar bahasa Korea. Namun, saya dibantu oleh beberapa senior di Korea yang sudah biasa mengajar bahasa Indonesia. Mengajar bahasa Indonesia merupakan salah satu pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan karena honor untuk mengajar bahasa Indonesia mulai dari 30rb KRW per jam, jauh lebih tinggi dibanding upah minimum per jam Korea pada tahun 2021 sebesar 8.720 KRW per jam.

Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa yang ingin dipelajari oleh orang Korea karena tingginya minat untuk berbisnis di Indonesia. Namun, buku pelajaran bahasa Indonesia di Korea tidak begitu banyak. Buku pelajaran yang saya pakai untuk mengajar biasanya adalah buku yang ditulis oleh Florian Hutagalung.



Untuk belajar bahasa Indonesia dari awal dengan menggunakan bahasa Korea, maka buku ini yang paling sederhana dan sistematis mengajarkan bahasa Indonesia dari dasar. Kalau ada murida yang mau belajar tingkat lanjut, biasanya saya mengambil artikel berita terkini dari media online seperti Kompas atau Liputan 6. Biasanya mereka tertarik dengan isu-isu terkini di Indonesia.

Lumayan ‘kan bisa cari uang saku dengan mengajar bahasa Indonesia di Korea? πŸ˜†πŸ˜†

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

μΈλ„λ„€μ‹œμ•„ λ―Όμš” μ†Œκ°œ

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School