Tips Part Time di Korea Selatan

Mau jadi mahasiswa yang juga cari uang di Korea? Tentu bisa. Sebelumnya, kamu harus cek dulu ya cara lapor diri ke imigrasi kalau mau part time di Korea di pos sebelumnya. Tapi selain itu, ada beberapa hal yang harus kamu tahu sebelum part time di Korea.

1. Punya koneksi.
Cara perekrutan Korea itu lebih banyak mulut ke mulut dibanding melalui website pencarian kerja. Jadi pastikan kamu punya koneksi, minimal masuk ke grup pencari part time di PERPIKA (Perkumpulan Pelajar Indonesia di Korea Selatan). Biasanya mahasiswa di Korea sering saling berbagi informasi part time.

2. Punya id di website pencarian kerja.
Lho tadi dibilang perekrutannya mulut ke mulut? Walaupun begitu, HR biasanya akan mengecek latar belakang calon pekerja part time melalui id-nya di website pencarian kerja, misalnya Linkedin atau Saramin. Bahkan kadang-kadang ada tawaran yang masuk dari website tersebut karena pihak perusahaan melihat CV yang kita pasang di sana.

3. Selalu cek upah minimum di Korea.
Upah minimum di Korea selalu berubah setiap tahunnya, jadi jangan pernah lupa untuk mengecek upah minimum sebelum kamu tanda tangan kontrak. Kamu bisa mengeceknya di Naver dengan mengetik kata kunci 최저임금. Untuk tahun 2020, upah minimumnya adalah 8.590 KRW per jam. Jadi pastikan kamu tidak mendapatkan upah yang lebih rendah dari itu. Untuk beberapa bidang bahkan upah minimumnya lebih tinggi dari itu. Penulis sendiri dari tahun 2015 mengajar budaya Indonesia di Korea dan dulu start upahnya dari 30.000 KRW per jam.

4. Bisa bahasa Korea.
Bagi yang memang mahir berbahasa Korea, mungkin bagian ini bisa dilewatkan. Tapi bagaimana kalau yang belum bisa? Tidak usah kuatir, banyak pusat migran yang menawarkan kelas bahasa Korea gratis, kamu bisa belajar bahasa Korea gratis di sana sambil mencari peluang part time. Tapi sebisa mungkin kamu punya TOPIK minimal level 3 ya supaya lebih mudah untuk mencari part time. Selain lebih mudah mencari kerja, kamu juga jadi tidak mudah untuk ditipu oleh perusahaan.

Semoga teman-teman mahasiswa di Korea bisa mendapatkan kerja part time dan bisa mengumpulkan uang jajan, ya. Tapi hati-hati lho kalau kita ketahuan kerja ilegal, kita bisa dideportasi. Jadi, pastikan ya kalau teman-teman sudah bekerja part time secara legal dan mendaftar ke imigrasi setempat. Good luck!

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

인도네시아 민요 소개

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School