Wednesday, June 10, 2015

Sastra Korea UI? Hmmm......

Sudah lama saya ingin menulis mengenai pengalaman pribadi melalui blog namun baru sekarang saya bisa mempunyai waktu untuk menulis mengenai saat-saat saya masuk ke jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea Universitas Indonesia.

Awalnya, saya ingin menjadi dokter. Kebanggaan keluarga. Orang tua mana yang tidak ingin anaknya menjadi dokter? Maka pada tahun 2009 saya mendaftar ke UI, UGM, UNDIP, dan USU melalui SNMPTN dan jalur mandiri masing-masing. Saya memilih kedokteran sebagai pilihan pertama di universitas-universitas tersebut. Saya juga sempat mendaftar ke Universitas Trisakti dan diterima tapi ah......... Terlalu mahal untuk keluarga saya, bagaimana nanti sekolah adik-adik saya?

Akhirnya pada saat mendaftar ke UI dan UGM, saya membuat 3 pilihan jurusan. Kedokteran, Ilmu Gizi, dan Sastra Korea. Pada saat pengumuman, ternyata saya hanya diterima di jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI. Stres? Iya. Kecewa? Tentu. Saya merasa saya tidak cukup cerdas untuk bisa membahagiakan orang tua saya; Saya tidak bisa menunjukkan kepada orang tua saya bahwa saya bisa menjadi dokter seperti yang mereka inginkan. Saya dicemooh sana sini "mau apa kamu setelah lulus jurusan bahasa?" "daripada buang duit, mending nikah aja" "malu sama adik-adik kamu yang selalu masuk tiga besar" dst. Jujur, saat itu saya sudah sangat down. Walaupun diterima di universitas yang katanya nomor satu di Indonesia, saya tetap merasa rendah diri karena 'hanya' masuk jurusan bahasa.

Akhirnya dengan dukungan orang tua, saya masuk ke Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Kok bukan Sastra UI? Hmm, katanya sih belajarnya bukan hanya sastra dan bahasa saja, makanya nama jurusannya Bahasa dan Kebudayaan Korea. Dengan setengah hati, saya memilih untuk mencoba menjalani kuliah di jurusan ini selama setahun ke depan dan mencoba SNMPTN lagi di tahun berikutnya. Walaupun mama saya sudah sangat mendukung karena banyak perusahaan Korea di Indonesia yang mencari karyawan yang bisa berbahasa Korea, saya tetap kecil hati. Ah........

Persiapan OSPEK UI mempertemukan saya dengan teman-teman jurusan saya untuk pertama kali. Sempat saya melirik nilai-nilai Ujian Nasional mereka yang tinggi-tinggi. Saya semakin rendah diri. Sudah dari sekolah swasta, nilai Ujian Nasional tidak begitu tinggi, tidak minat belajar bahasa Korea pula. Duh. 

Setelah berkenalan dengan beberapa teman-teman baru dalam jurusan, akhirnya saya tahu. Sebagian besar dari mereka sama seperti saya, masuk jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea hanya karena terpaksa. Sebagai pilihan kedua atau ketiga. Yang penting masuk UI. Sebagian besar dari mereka sama seperti saya. Setelah tahu masuk jurusan ini, orang-orang di sekitar mereka banyak yang mencibir.

"Hah? Sastra Korea?" "UI sih, tapi ngapain belajar sastra?" "Sastra Korea UI, hmm.... Mau jadi apa emang?"

127 comments:

  1. hallo, kakak,. kenalin nama Nurul masih anak SMA, salam kenal kak.! :):o
    (jawab pertanyaan kakak diatas^ tadi) mau jadi GURU(karena pepatah korea Guru itu tingkatannya sama dengan TUHAN)*tapi aku tidak berpikir begitu*,PENERJEMAH,DOSEN.
    haduh.. kakak.. seharusnya bersyukur masuk sastra Korea, karena aku juga pingin masuk ke jurusan sastra korea,(entah kenapa),gak semua orang bisa sastra korea loh,kak.. terus gak,gak semua universitas ada jurusan sastra korea,bisa dibilang jurusan sastra korea di Indonesia itu *LIMITED,jadi kakak "BANGGALAH DENGAN DIRI SENDIRI",karena setiap orang punya potensi yang berbeda,bisa jadi kakak bisa SUKSES dibidang ini.contohnya sekarang kakak bisa ke KOREA untuk melanjutkan s2dans3nya,selalu SUKSES kak,salam untuk Negara Gingseng ya...파이팅 언니 !!

    ReplyDelete
  2. hell o ka... kenalkan dirinya untuk ku~ (kok malah nyanyi)
    nama saya tasya sebut saja tasya.

    ka mungkin sekarang udah nyaman kali ya sama bahasa dan kebudaan UI. cuman kasih tau aja, biasanya yang lulusan itu bisa di panggil sama perusahaan korea kok. kalau engga bisa jadi sekertaris, tour guied. banyak kok ka.

    katanya juga alumni FIB korea UI bakal minta bantuan sama juniornya. itu kembali lagi sama jaringan komunikasi kaka sama orang yang kaka butuhin.

    kunci utama sukses itu komunikasi. belom tentu kaka jurusan bahasa dan kebudayaan korea kerja nya jadi penerjemah aja. ketika ada niat pasti ada jalan. asek
    Silver ways.

    annyeonghaseo... (keyboard di laptop pake bahasa inggris susah ganti ke hangul)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya hanya sharing pada saat saya masuk jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI tahun 2009. Saat ini saya sudah lulus S1 dari UI :)

      Delete
  3. Kakak sudah lulus S1 Bahasa dan Kebudayaan Korea?

    ReplyDelete
  4. Kakak sudah lulus S1 Bahasa dan Kebudayaan Korea?

    ReplyDelete
  5. Haii kak^^
    Salam kenal yaa
    Kak mau tanya cara masuk jurusan bahasa dan kebudayaan korea gimana?
    Apa peminatnya banyak?
    Soalnya minat banget masuk jurusan ini^^
    Tolong di jawab yaa kak
    Terimakasihh😁😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu bisa ikut ujian masuk perguruan tinggi seperti SNMPTN, SBMPTN, SIMAK UI, dsb ya :)
      Peminatnya tentu saja banyak^^

      Delete
  6. kak biaya kuliah di UI sastra korea mahal gk? btw. emang rata2 nilai UN nya harus berapa?
    ohya sekarang kk kerja apa? :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk kuliah di UI bukan dengan seleksi nilai UN tetapi dengan ujian masuk perguruan tinggi seperti SNMPTN, SBMPTN, SIMAK UI, dsb. Keketatan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI dapat dilihat di http://simak.ui.ac.id/reguler.html
      Saat ini saya sedang menempuh pendidikan S2 :)

      Delete
    2. s2nya ambil jurusan apa dimana kak?

      Delete
    3. hallo kak...

      aku mau nanya nih,enak gak kak masuk sastra korea? terus syarat2nya masuk satra korea apa kak? soalnya ini pilihan kedua aku kalo aku ga masuk di psikolog hehe. btw aku masih kelas 1 sma hehehe. Terus skrg kaka kerja apa? sama dmana kerjanya? makasih kak:)))

      Delete
  7. Halo, Kak ! Aku milih jurusan ini sbg pilihan kedua sbmptn. Malah aku takutttt banget, krna pesaingnya buanyakkkk... Dan...besok sbmptn ! Mohon doa ya kak !! ^-^ Salam kenal ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Kak Mega atas semangatnya !! Sekarang aku jadi angkatan 2016 di bkk ui hehehe ^^ Kakak S3 di mana sekarang? Salam kenal ya, Kak Mega :))

      Delete
    2. Selamat ya telah menjadi mahasiswa baru di Bahasa dan Kebudayaan Korea UI :) Saya saat ini sedang S3 di Kyung Hee University, Korea :)

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Wahhh keren banget, Kak !! >_< kalo boleh tau, kak Mega ambil jurusan apa di sana ? Semangat kuliahnya ya , Kak ! ^-^)9

      Delete
    5. Jurusan saya adalah Sastra Klasik Korea.

      Delete
    6. Semoga aku bisa jadi seperti kalian berdua ya. aku daftar snmptn pilihan pertama ku bahasa dan kebudayaan korea😆

      Delete
    7. Semoga aku bisa jadi seperti kalian berdua ya. aku daftar snmptn pilihan pertama ku bahasa dan kebudayaan korea😆

      Delete
    8. wahh ditunggu yaaa di bkk ui ^^

      Delete
    9. Wah, kakak-kakak keren. Tunggu aku di FIB BKK UI ya kak. Doa kan semoga tahun ini aku bisa jadi mahasiswi FIB BKK UI dan ketemu kakak-kakak disana. Aamiin..

      See you there kak ��

      Delete
    10. subhanallah keren banget kak Asya dan kak Mega!! doain aku tahun depan keterima di BKK UI ya kakkk aamiin. soal nya pingin juga ngerasain tinggal di korea hihi>_<

      Delete
  8. Halo kak. Mau nanya. Waktu SMAnya ambil ipa? Terus masuk sastra koreanya lewat sbm apa smn kak? Soalnya aku ngecek simak ui, masuk sastra korea harus ikutan yang ips. Sedangkan aku anak ipa... bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya masuk melalui SIMAK UI melalui program IPC. Tentu saja harus lewat IPS atau IPC karena Bahasa dan Kebudayaan Korea masuk ke dalam rumpun bahasa, bukan ilmu alam.

      Delete
  9. Halo kak~
    Namaku Ama, aku seorang pelajar smk. kak boleh aku tanya?
    Kakak soalsoal yang diberikan saat tes masuk sastra korea susah ga kak??
    Aku berniat untuk masuk jurusan ekonomi dan sastra korea kak, Hehehe
    Oh iya, Salam kenal yaa kak^^

    ReplyDelete
  10. Soal-soal SBMPTN dan SIMAK UI bisa dibilang cukup sulit tapi kalau kamu rajin belajar dan berlatih menjawab soal-soalnya pasti bisa. Semangat ya^^

    ReplyDelete
  11. Hai kak aku gabby aku mau bgt masuk fib korea ui kak tapi orang tua aku kurang setuju gitu sama kayak apa yg orang sekitar kamu bilang juga mau kerja apa klo lulusan bahasa gitu aku harus gimana ya kak huhuhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan kamu baca http://www.hipwee.com/daripembaca/12-kesalahpahaman-yang-selalu-dihadapi-oleh-para-mahasiswa-jurusan-sastra-korea/ dan http://www.anakui.com/2012/01/17/ada-apa-aja-di-jurusan-bahasa-dan-kebudayaan-korea-ui/ ya^^

      Delete
  12. Halo kak,
    Tahun depan aku mau masuk fib korea ui
    Aku minat masuk situ bukan gara gara aku ini fangirl tapi sebelum aku jadi kpopers juga udah tertarik bgt sama budaya nya
    Tes masuknya itu umum,tentang jurusan bahasa korea nya apa gimana? Tahun depan aku lulus sma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu bisa ikut ujian masuk perguruan tinggi seperti SNMPTN, SBMPTN, SIMAK UI, dsb ya :)

      Delete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. Mau Tanya, ngaruh gak akreditasi bkk ui ini buat bekerja nanti?kalau boleh tau, Sekarang ngelanjutin s2 jurusan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akreditasi berpengaruh untuk melanjutkan S2, bukan untuk S3. Saat ini saya sedang melanjutkan S3 di jurusan Sastra Klasik Korea.

      Delete
  15. Nuna,itu masuk jurusan ini yg d rasakan skrg ap?trus masuk ny harus udh bsa bhsa korea atau gmn?😊ssh gk ngambil jurusan ini☺.kamsahamnida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cukup bersyukur karena dulu masuk jurusan ini, saat masuk tidak harus bisa bahasa Korea dahulu. Menurut saya, tidak ada jurusan yang mudah :)

      Delete
  16. Tapi kalo pas masuk sma skali gk bisa bhsa korea ada?nuna awal ny emg udh bsa apa belum?😀trus karakteristik dosen ny gmn?kalo dari jurusan ipa gmn biar bisa masuk k jurusan ini?sama ada gak siswa asal lampung?
    Kamsahamnida nuna😊🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa-apa kalau sama sekali gak bisa bahasa korea. Jurusan IPA bisa masuk dan ada siswa asal lampung.

      Delete
  17. 안영하세요 . Kak kalo mau masuk, dites apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu bisa ikut ujian masuk perguruan tinggi seperti SNMPTN, SBMPTN, SIMAK UI, dsb ya :)

      Delete
  18. Maaf kak, saya mau tanya kalau lewat jalur snmptn itu rata2 nilai raportnya berapa yaa??mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut snmptn.ac.id sebagai berikut:

      Ketentuan Umum
      SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.
      Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
      Sekolah yang siswanya akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
      Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik, serta terdaftar di PDSS.
      Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.
      Ketentuan Khusus
      Persyaratan Sekolah
      Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:

      SMA/MA, SMK negeri maupun swasta, (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN.
      Telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.
      Persyaratan Siswa Pendaftar
      Pendaftaran SNMPTN

      Siswa SMA/MA, SMK kelas terakhir pada tahun 2016 yang:

      memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
      akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya;
      akreditasi B, 50% terbaik di sekolahnya;
      akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya;
      akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolahnya.
      memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS,
      memiliki nilai rapor semester satu sampai semester lima (bagi siswa SMA/MA, SMK tiga tahun) atau nilai rapor semester satu sampai semester tujuh (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
      memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).
      Penerimaan di PTN

      Peserta diterima di PTN, jika:

      lulus satuan pendidikan;
      lulus SNMPTN 2016; dan
      lulus verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.


      Kesimpulannya, tidak ada nilai rata-rata minimal, tapi kamu harus masuk sebagai salah satu siswa terbaik di sekolah kamu :)

      Delete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. ka aku mau tanya dong, aku mau masuk sastra korea. tp masih bingung antara ui dan ugm. aku boleh minta review lebih lg gak soal kuliah sastra korea di ui? trms

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kamu baca artikel di link berikut ini ya :)

      http://www.anakui.com/2012/01/17/ada-apa-aja-di-jurusan-bahasa-dan-kebudayaan-korea-ui/

      http://www.kompasiana.com/margareth.mega/belajar-apa-sih-di-jurusan-bahasa-korea-part-1_54f7404ea3331137728b47b0

      http://www.kompasiana.com/margareth.mega/belajar-apa-sih-di-jurusan-bahasa-korea-part-2_54f73e79a33311510f8b46b8

      http://www.kompasiana.com/margareth.mega/belajar-apa-sih-di-jurusan-bahasa-korea-part-3_54f73190a33311b4708b46a2

      http://www.kompasiana.com/margareth.mega/belajar-apa-sih-di-jurusan-bahasa-korea-part-4_54f72d54a33311b7728b462b

      Delete
  21. Hi kak^^
    udh di korea ya kak? Iri bgt nih.
    Kak, boleh tau ga suka duka kuliah jurusan bkk? makasih ya kak.. Semangat ya kak belajar nya:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau suka dukanya panjang sekali, tidak bisa diceritakan disini semua. Mungkin kalau ada waktu nanti saya tuliskan di blog saya ya^^

      Delete
  22. Kak kalo Utah Lulus s1 sastra korea,trus misalnya kita dapet beasiswa s2 ke korea nya boleh ga jurusannya beda?

    ReplyDelete
  23. Hai kak!
    Aku mau tanya dong, peluang kerja jurusan sastra korea itu banyak gak sih, kak? terus akreditasi jurusan mempengaruhi juga gak buat pekerjaannya?
    *semoga dijawab*
    Makasih, kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk peluang kerja, coba kamu baca link berikut ini ya.
      http://www.hipwee.com/daripembaca/12-kesalahpahaman-yang-selalu-dihadapi-oleh-para-mahasiswa-jurusan-sastra-korea/
      http://edukasi.kompas.com/read/2015/07/31/20174811/Tak.Ada.Kata.Menganggur.untuk.Lulusan.Akademi.Bahasa.Korea

      Akreditasi berpengaruh untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya (pascasarjana), bukan pada saat mencari kerja :)

      Delete
  24. Kak mau nanya,kalo ngambil jalur SBMPTN itu yg di tes kan semua mapel atau beberapa aja?? Pengen banget ih ngambil prodi bahasa dan kebudayaan korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Materi Ujian Tertulis SBMPTN terdiri atas:
      1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
      2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
      3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

      Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea berada dalam bidang Soshum. Keterangan lengkap mengenai SBMPTN bisa dicek di https://sbmptn.ac.id/?mid=13

      Delete
  25. Hai kak^^ aku mau tau, kk skrg lanjut S3 di univ korea dapat beasiswa atau bagaimana? Apa lebih mudah diterima dalam mengajukan beasiswa bila sblmnya dr jurusan sastra korea?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mendapatkan beasiswa.
      Tentu saja lebih mudah jika jurusannya sama, jurusan S1 saya adalah Bahasa dan Kebudayaan Korea, jurusan S2 dan S3 saya adalah Sastra Klasik Korea. Semua berhubungan.

      Delete
  26. Kak.. Kasih tipsnya biar bisa dapet beasiswa ke korea dong:)

    ReplyDelete
  27. Kak mau nanya dong, enak nya masuk jurusan sastra dan kebudayaan korea itu apa? Belajar apa aja d jurusan ini? Aku pengen banget masuk jurusan ini tp aku sadar diri dengan otak pas pasan kayaknya gak masuk k sastra dan kebudayaan korea d ui. kalau selain d ui, kampus nya jauh jauh semua kak jadi aku masih gak bisa mandiri kalau d suruh ngekost gitu. Tolong d jawab ya kak, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk peluang kerja, coba kamu baca link berikut ini ya.
      http://www.hipwee.com/daripembaca/12-kesalahpahaman-yang-selalu-dihadapi-oleh-para-mahasiswa-jurusan-sastra-korea/
      http://edukasi.kompas.com/read/2015/07/31/20174811/Tak.Ada.Kata.Menganggur.untuk.Lulusan.Akademi.Bahasa.Korea

      Untuk apa saja yang dipelajari, silakan baca artikel berikut ini ya.
      http://www.anakui.com/2012/01/17/ada-apa-aja-di-jurusan-bahasa-dan-kebudayaan-korea-ui/

      http://www.kompasiana.com/margareth.mega/belajar-apa-sih-di-jurusan-bahasa-korea-part-1_54f7404ea3331137728b47b0

      http://www.kompasiana.com/margareth.mega/belajar-apa-sih-di-jurusan-bahasa-korea-part-2_54f73e79a33311510f8b46b8

      http://www.kompasiana.com/margareth.mega/belajar-apa-sih-di-jurusan-bahasa-korea-part-3_54f73190a33311b4708b46a2

      http://www.kompasiana.com/margareth.mega/belajar-apa-sih-di-jurusan-bahasa-korea-part-4_54f72d54a33311b7728b462b

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Halo kak, saya Rut saat ini saya sedang menjalani kuliah di MIPA dan sekarang semester 6. Pas lulus nanti kebetulan rencana mau ambil Sastra dan Kebudayaan Korea. Bisa ngga kak lulusan S1 MIPA lanjut ke S2 Sastra Korea? Atau kalau aku ambil jurusan Sastra Korea harus dari S1 lagi?
    Mohon dijawab ya kak. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rut,sebetulnya tidak ada peraturan yang bilang kalau S1 dari saintek tidak bisa masuk ke jurusan soshum untuk S2 tapi menurut saya agak sulit karena terlalu berbeda,memangnya ada alasan apa untuk S2 Sastra Korea?

      Delete
  30. Ka blh minta kontak kaka ga? mau personal chat.... kalau blh sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan ke email margareth_mega@yahoo.com

      Delete
  31. Ka mau tanya dong kalo mau masuk PTN lewat SNM kan sekolah nya harus mendukung juga yah tapi sekolah aku sekarang kaya kurang mendukung gitu, tapi nilai² raport aku lumayan bagus ka selalu 3 besar. Menurut kaka aku bisa ngga masuk lewat SNM dgn keadaan sekolah yang kurang mendukung? Dan apa yang harus aku lakuin supaya lolos SNM *selain rajin belajar yah? Hehehe
    Makasih banyak ka, mohon di jawab yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu bisa ikut ujian SBMPTN dan rajin latihan soal-soal SBMPTN sebelumnya.

      Delete
  32. Hai kak aku barusan kirim email ke kakak nanya2,tolong dibaca dan dijawab ya kak, thxuuu��������

    ReplyDelete
  33. Kakk mau tanya dong ttg sastra dan kebudayaan korea di UI. Kalau boleh tau kakak masuk lewat SNMPTN atau SBMPTN yah? Terus waktu SMA kakak ada di jurusan IPA, nah kalau kakak masuk lewat SBMPTN lebih banyak jawab soal SAINTEK atau soal SOSHUM?
    Makasii kakk
    Semoga dibaless😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya lewat SIMAK UI. Tentu saja saya harus menjawab soal soshum karena jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea masuk ke dalam rumpun soshum.

      Delete
  34. Halo kak.. Mau nanya dong
    Passing grade di jurusan bahasa dan kebudayaan korea berapa ya?
    Makasii kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan cek http://simak.ui.ac.id/reguler.html ya.

      Delete
  35. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  36. Kak, aku mau tanya tanya masalah sastra ui korea ini. Karena aku minat tapi... masih rada ragu gitu. Aku boleh minta contactnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan email ke margareth_mega@yahoo.com

      Delete
  37. Kak^^ mau tanya saya kan siswa smk dari cirebon jurusan saya Administrasi perkantoran apa bisa aku masuk kuliah sastra korea?:" akululus tahun depan(: tp aku masih bingung harus ikut tes yg bagaimana kalo iya ada tes fisika kimia biologi aku harus gimana:" di smk gadiajarin kaya gitu😂 tapi aku kepingin bgt masuk kuliah sastra korea kak:") apa pendapat kaka? respon jusseyo^^ Gomawo:"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Materi Ujian Tertulis SBMPTN terdiri atas:
      1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
      2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
      3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

      Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea berada dalam bidang Soshum. Keterangan lengkap mengenai SBMPTN bisa dicek di https://sbmptn.ac.id/?mid=13

      Delete
  38. Kak, saya mahasiswi d3 abakor di unas. Rencananya setelah lulus saya mau lanjutin s1 ke ui. Itu saya ikut jalur apa ya? Makasih ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada program ekstensi D3 untuk jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea UI. Daftar jurusan yang mebuka program ekstensi dapat dilihat di tautan berikut. http://simak.ui.ac.id/ekstensiparalel-lulusan-d3-2.html

      Delete
    2. unas cm ada d3 bahasa korea ya? selain UI dimana lagi ya?

      Delete
    3. D3 Bahasa Korea UNAS
      S1 Bahasa dan Kebudayaan Korea UI
      S1 Sastra Korea UGM
      S1 Pendidikan Bahasa Korea UPI

      Delete
  39. saya lulusan sastra inggris 2013. berminat disastra korea. rencana mau daftar di UI (kalo diterimaaaa) hhehhe,,,
    pendaftarannya kapan ya kk?
    bagi temen2 yang mau daftar tahun ini boleh minta kontaknya gak? serasa cupu kalo sendirian disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicek di http://simak.ui.ac.id/pengumuman/jadwal-penerimaan-mahasiswa-baru-20172018.html

      Delete
  40. Wahhh sudah S3 di Korea??? Congrats~ bisa gak ya aku sarjana ekonomi kalo ngajuin beasiswa buat kuliah s2 di korea jurusan sastra sepertimu -_-
    Ini pun aku sdg cari tempat les bahasa korea yg minggu aja, coz senin-sabtu aku kerja diperusahaan milik korsel juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tapi agak sulit karena untuk S2 jurusan sastra Korea mewajibkan calon mahasiswa untuk menguasai bahasa Korea. Kalau dengan standar TOPIK, minimal level 4 atau 5 dari 6 level yang ada.

      Delete
  41. Hy ka , salam kenal . Aku bella siswi smk jurusan broadcasting , aku mau tanya ka , kalau peluang masuk sastra korea di ui jalur SNMPTN itu besar ngga ka? Soalnya aku Masukin pilihan sastra korea pas jalur masuk SNMPTN kemarin ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluangnya 3.58% untuk SNMPTN 2016. Bisa dicek di http://simak.ui.ac.id/reguler.html

      Delete
  42. Halo ka mau nanya kira kira kalau di bahasa korea UI cowonya banyak ga ka makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak terlalu banyak. Biasanya tidak sampai 10 orang dalam satu angkatan

      Delete
  43. program s2 ke korea ada nga ka? dan oiya kaka dulu s2nya di mana dan jurusan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. Saya dulu jurusan Sastra Korea Klasik di Kyung Hee University.

      Delete
  44. kak boleh minta kontaknya gak?soalnya mau tanya tanya nihh.. tertarik banget sama cerita kakak, aku juga dari sekolah swasta. jadi pengen tau lebih banyak nihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan melalui email ke margareth_mega@yahoo.com

      Delete
  45. kak.. kuliah sastra korea itu susah gak ka? pas belajar sehari2 nya itu gimana ka? terus juga di UI ada gk beasiswa kekorea?
    makasih kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kamu baca artikel di link berikut ini ya :)

      http://www.anakui.com/2012/01/17/ada-apa-aja-di-jurusan-bahasa-dan-kebudayaan-korea-ui/

      http://www.kompasiana.com/margareth.mega/belajar-apa-sih-di-jurusan-bahasa-korea-part-1_54f7404ea3331137728b47b0

      http://www.kompasiana.com/margareth.mega/belajar-apa-sih-di-jurusan-bahasa-korea-part-2_54f73e79a33311510f8b46b8

      http://www.kompasiana.com/margareth.mega/belajar-apa-sih-di-jurusan-bahasa-korea-part-3_54f73190a33311b4708b46a2

      http://www.kompasiana.com/margareth.mega/belajar-apa-sih-di-jurusan-bahasa-korea-part-4_54f72d54a33311b7728b462b

      Delete
  46. Nuna, kalo mau msuk jurusan bahasa korea itu klo SMK bisa dr jurusan apa ajha?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa saja bisa asalkan ikut ujian soshum saat SBMPTN

      Delete
  47. Kakak bole nanya kaka s2nya ambil jurusan apa?

    ReplyDelete
  48. Kaka lapangan kerjanya apa aja setelah tamat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang bilang kalau nantinya anak-anak Sastra Korea pada akhirnya cuma mentok bekerja sebagai guru Bahasa Korea dan penerjemah saja. Padahal kami tak hanya bekerja sebagai penerjemah atau guru saja. Lapangan pekerjaan dan peluang bagi jurusan Sastra Korea itu banyak.

      Lagipula semakin spesifik jurusan kuliahmu, kamu akan terlihat menonjol dan peluangmu untuk berkarir akan terbuka lebar. Banyak kok di antara lulusan Sastra Korea yang berakhir sebagai banker, wiraswasta, penulis, wartawan, manajer, dan sebagainya.

      Delete
  49. uuhh.. aku juga gitu kak, waktu kemarin smp aku tuh udah semangat banget dan pesimis banget kalo aku bisa dapet NEM diatas 34tan dan masuk SMA 28 yang bagus itu.. tapi ternyata otak aku gak bisa sampe segitu dan cuma dapet 27 koma, jadi aku TERPAKSA masuk MAN dan ngeluarin uangnya banyak banget aku udah bilang mau pindah tapi gak diharuin sama ortu,, padahal maksud aku itu pindah ,, aku gak mau ngeluarin uang banyak banget karna nilai aku juga gak bakal setinggi yang mereka mau,, dulu aku pesimis banget mau jadi dokter gimanapun caranya sampe aku tontonin youtube terus tentang IPA sains dan apapun itu.. dan sekarang aku bakalan belokin kemauan aku buat masuk saastra bahasa korea di universitas yang bagus,, aku udah buletin dan gak akan aku ubah lagi (mungkin),, dan aku iriiiii banget sama kakak,, aku belajar hangul sendiri tanpa les aku belajar bahasa korea dari lagu kpop dan drama tapi ortu aku gak ngedukung apa yang aku mau,, dan aku berharap aku bisa masuk masuk universitas yang ada bhasa koreanya sama kayk kaka.. doain ya kak,, sekarang sih aku masih kelas 10

    ReplyDelete
  50. kak kalo mau masuk sastra korea ui harus ikut test apa aja kak? tahun ini aku lulus Sma dan rencananya mau masuk sastra korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea berada dalam bidang Soshum. Keterangan lengkap mengenai SBMPTN bisa dicek di https://sbmptn.ac.id/?mid=13

      Delete
  51. Halo kak, aku hanny

    mau tanya-tanya sedikit nih, di jurusan bahasa dan kebudayaan korea ada program beasiswa ke korea atau pertukaran mahasiswa ke korea gak? Itu aja. Sebelumnya terima kasih ya, semangat terus ka!

    ReplyDelete
  52. Kak waktu itu rata-rata nilai rapot kakak berapa? Dan rata-rata nilai rapot snmptn UInya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu masuk melalui jalur ujian, bukan rapor

      Delete
  53. Saya juga mau masuk UI kak di jurusan Bakor dan Kebudayaan. Tapi teman-teman saya bilang tidak bakalan bisa karena UI membutuhkan nilai yang tinggi dan saya tidak begitu pintar. Saya pesimis kak untuk memilih UI.

    'Sorry malah curhat'😆

    Mau nanya kak. Teman-teman kak dulu ada yang meremehkan tentang jurusan yang kak pilih?

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. Ka aku mau tanya dong kaka kuliah di korea sambil kerja atau dapat beasiswa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mendapatkan beasiswa tetapi tidak ada beasiswa untuk biaya hidup sehingga harus bekerja

      Delete
  56. Ka ngambil prodi bakor ui termasuk susah ngga masuknya? Peluang masuk nya sulit ngga? Entah lewat snm, sbm atau yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang cukup sulit untuk masuk prodi BKK UI

      Delete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Kalo boleh tau kka waktu itu nilai rata rata nya berapa ka?

    ReplyDelete
  59. Oh iya ka mau tanya lagi akreditasinya masih C?

    ReplyDelete
  60. ka saya mau tanya. kalo saya mau ambil sastra korea lewat jalur sbmptn TKD Saintek boleh ga ya? Soalnya saya bukan anak ips jadi ragu utk TKD soshum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk SBMPTN wajib ambil TKD Soshum untuk jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea.

      Delete
  61. Kaka sayaa mau tanya kalo biaya masuk jurusan bahasa dan kebudayaan korea berapaa ya??

    ReplyDelete