Mengenal Tarian Tradisional Indonesia di Korea

Waktu tinggal di Indonesia, sejujurnya saya sangat tidak tertarik dengan kebudayaan Indonesia, apalagi mencari tahu tentang tari tradisional Indonesia. Akan tetapi, karena jurusan saya adalah Sastra Klasik, banyak teman-teman saya yang menanyakan mengenai kesenian tradisional Indonesia, terutama tari. Saya juga jadi tertarik untuk mencari tahu dan akhirnya mengenal kelompok tari di Korea bernama Kelompok Tari Tradisional Indonesia (KTTI) KBRI Seoul.

Pada awalnya, saya hanya berkunjung ke pertunjukan tari KBRI dan juga latihannya untuk melihat-lihat dan menulis artikel saja. Akan tetapi, lama kelamaan saya menjadi tertarik dan ikut bergabung dalam latihan KTTI dan juga ikut menjadi salah satu penari KTTI. Jujur, saya sangat kaku dan tidak bisa menari sama sekali sehingga saya sering dimarahi oleh pelatih kami πŸ˜…πŸ˜… Tapi saya belajar banyak hal di sini dan mendapatkan banyak teman baru.




Saya lebih cocok menarikan tarian yang kaku karena saya tidak begitu luwes sehingga saya lebih banyak mendapatkan bagian untuk menarikan tarian dari Sumatera atau menjadi laki-laki. Saya bisa berdandan menjadi cantik atau menjadi macho tergantung dengan tarian yang akan dilakukan. Selain itu, saya juga belajar berdandan. Dari cuma tau BB cream, jadi bisa tahu langkah-langkah make up dari memakai make up sehari-hari hingga memakai make up ala penari profesional.


KTTI berlatih setiap hari Sabtu pk 17.00-21.00 di KBRI Seoul dan siapapun akan diterima untuk menari. Kadang-kadang bahkan ada orang asing dari Eropa atau Amerika Latin yang bergabung dalam latihan kami. Saya sendiri karena kesibukan jurnal sudah tidak bergabung selama hampir setahun dalam latihan dan cukup rindu dengan latihan KTTI. Akan tetapi, karena pandemi COVID-19 ini, latihan KTTI juga sudah dibatalkan dari bulan Februari hingga batas waktu yang belum ditentukan. Semoga saja pandemi COVID-19 ini cepat berakhir sehingga KTTI bisa berlatih lagi dan tampil di atas pentas di Korea Selatan.

Info lebih lanjut mengenai KTTI bisa kamu cek di Instagram dan Facebook officialnya ya.

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

μΈλ„λ„€μ‹œμ•„ λ―Όμš” μ†Œκ°œ

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School