Saturday, September 26, 2015

Ujian Komprehensif di Korean Language and Literature Kyung Hee University

Di jenjang pascasarjana, para mahasiswa di Korea wajib untuk mengikuti ujian komprehensif sebagai salah satu syarat kelulusan. Walaupun ada kampus di Korea yang tidak memiliki persyaratan ujian komprehensif, namun sebagian besar mahasiswa pascasarjana di Korea harus mengikutinya agar dapat lulus dan mendapatkan gelar. Pada perkuliahan biasa, sebagian besar mata kuliah tidak memiliki ujian tertulis sebagai Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Mahasiswa hanya diwajibkan untuk membuat presentasi dan makalah akhir saja.

Ujian komprehensif bisa diikuti apabila mahasiswa sudah mengikuti 18 SKS kuliah sehingga ada kampus yang menyediakan ujian ini mulai di akhir semester 2 atau awal semester 3. Di Kyung Hee University sendiri, ujian komprehensif bisa diikuti mahasiswa mulai di awal semester 3 sehingga apabila mahasiswa gagal mengikuti tes tersebut di semester ketiga, mahasiswa bisa mengulangnya di semester 4, 5 dan seterusnya.

Departemen Korean Language and Literature di Kyung Hee University memiliki 4 jurusan, dan masing-masing memiliki mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan yang diujikan pada ujian komprehensif. Mahasiswa jenjang magister memiliki satu mata kuliah wajib dan dua mata kuliah ujian pilihan. Sedangkan mahasiswa jenjang doktoral memiliki dua mata kuliah wajib dan dua mata kuliah pilihan.

  1. Jurusan Linguistik Korea (국어학): Sejarah Linguistik Korea (국어사, wajib untuk program magister), Sejarah Linguistik Korea 1 (국어사 1, wajib untuk program doktoral), Sejarah Linguistik Korea 2 (국어사 2, wajib untuk program doktoral), Tata Bahasa Korea (국어문법론, pilihan), Morfosintaksis Bahasa Korea (국어형태통어론, pilihan), Leksikal Semantik Bahasa Korea (국어어휘의미론, pilihan), Fonetik Fonologi Bahasa Korea (국어음성음운론, pilihan)
  2. Jurusan Sastra Klasik Korea (고전문학): Sejarah Kesusastraan Klasik Korea (고전문학사, wajib untuk program magister), Sejarah Kesusastraan Klasik Korea 1 (고전문학사 1, wajib untuk program doktoral), Sejarah Kesusastraan Klasik Korea 2 (고전문학사 2, wajib untuk program doktoral), Novel Klasik Korea (고소설론, pilihan), Puisi Klasik Korea (고시가론, pilihan), Sastra Hanja (한문학론, pilihan), Sastra Lisan (구비문학론, pilihan)
  3. Jurusan Sastra Modern Korea (현대문학): Sejarah Kesusastraan Modern Korea (현대문학사, wajib untuk program magister), Sejarah Kesusastraan Modern Korea 1 (현대문학사 1, wajib untuk program doktoral), Sejarah Kesusastraan Modern Korea 2 (현대문학사 2, wajib untuk program doktoral), Puisi Korea (시인론, pilihan), Kritik Sastra Korea (비평론, pilihan), Novel Korea (소설론, pilihan), Drama Korea (희곡론, pilihan)
  4. Jurusan Pendidikan Bahasa Korea untuk Orang Asing (한국어학): Penelitian Bahasa Korea (한국어학연구, wajib untuk program magister dan doktoral), Teori Pendidikan Bahasa Korea (한국어교육론, wajib untuk program doktoral), Penelitian Bahan Ajar Bahasa Korea (한국어 교재 연구, pilihan), Penelitian Metode Pengajaran Bahasa Korea (한국어 교수법 연구, pilihan), Penelitian Pengajaran Tata Bahasa Korea (한국어 문법 교육 연구, pilihan), Penelitian Kebudayaan dan Bahasa Korea (한국어 문화 연구, pilihan)
Setiap mata kuliah memiliki 2 buah pertanyaan yang harus dijawab. Satu pertanyaan harus dijawab sebanyak dua halaman folio. Waktu yang diberikan di Kyung Hee University adalah 1 jam per mata kuliah untuk mahasiswa Korea dan 1.5 jam per mata kuliah untuk orang asing.

No comments:

Post a Comment