Factfulness: Ten Reasons We're Wrong About the World and Why Things Are Better Than You Think (Bagian 1)

Dalam sebuah acara televisi Korea Selatan yang berjudul 책 읽어드립니다, atau dalam bahasa Indonesia adalah 'Saya akan bacakan buku untuk Anda', ada satu buku menarik yang dibahas, yaitu 'Factfulness: Ten Reasons We're Wrong About the World and Why Things Are Better Than You Think'. Buku ini membahas mengenai berbagai fakta mengenai dunia yang selama ini kita pikir benar, tetapi ternyata salah. Buku ini ditulis oleh Hans Rosling dan dibuka mengenai data pemasukan rata-rata masyarakat dari berbagai negara yang bisa kamu cek di sini

Level pemasukan pun di bagi menjadi 4 berdasarkan air minum, transportasi, cara memasak, makanan dan, juga tempat tidur. Level 1 merupakan level terparah, yaitu air minum ang masih sulit didapatkan, transportasi yang masih hanya dengan berjalan kaki, makan dengan makanan yang kurang layak, dan tidur beralaskan tikar. Level 4 merupakan level tertinggi dengan air minum yang bisa didapatkan dari air keran, transportasi dengan mobil, kompor yang menggunakan gas, makanan yang bervariasi, dan tempat tidur dengan kasur yang empuk. Indonesia berada di level 3 dan Korea Selatan berada di level 4.

Pembaca langsung disodori tes berisi 13 fakta mengenai dunia yang kita tinggali ini. Kalau kamu penasaran, kamu bisa coba kuisnya di sini dan cek berapa banyak pertanyaan yang bisa kamu jawab dengan tepat. Saya sendiri hanya bisa menjawab 5 pertanyaan dengan tepat, yaitu pertanyaan berupa di mana mayoritas populasi dunia tinggal, jumlah masyarakat miskin di dunia dalam 20 tahun terakhir, spesies yang hampir punah, jumlah populasi dunia yang mendapatkan listrik, dan juga iklim dunia dalam 100 tahun ke depan.

Pertanyaan-pertanyaan ini yang akan membimbing Anda menuju bab-bab berikutnya, yaitu The Gap Instict, The Negativity Instict, The Straight Line Instinct, The Fear Instinct, dan sebagainya. Buku ini bisa membuka wawasan Anda mengenai tren kesehatan dan kemiskinan global. Saya baru akan mulai dan jika isinya cukup menarik, mungkin akan menuliskan ringkasan per babnya di blog ini. 

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

인도네시아 민요 소개

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School