Wednesday, June 17, 2015

Legenda Dangun, Legenda Leluhur Bangsa Korea

Alkisah, dahulu kala ada seorang dewa yang hidup di khayangan yang bernama Hwanin. Anak Dewa Hwanin yang bernama Hwanung meminta restunya untuk turun ke bumi karena ia memiliki ketertarikan kepada umat manusia. Hwanin pun merestuinya dan mengantarnya untuk turun dari khayangan ke gunung Taebek (태백산/ 太白山) dan membekalinya dengan roh Angin, Hujan, dan Awan sebagai pembantunya. 3000 pengikut Hwanung yang ikut turun dari khayangan pun membantunya memerintah di bumi untuk mengajarkan kebijaksanaan, cara bertani, seni dan sebagainya kepada umat manusia. Pada saat itu, ada seekor beruang dan seekor harimau yang ingin menjadi manusia. Mereka memohon kepada Hwanung agar dapat mengubah mereka menjadi manusia. Hwanung memberikan kepada mereka masing-masing satu buah mugwort dan 20 siung bawang putih. "Jika kalian hanya memakan ini dan menghindari sinar matahari selama 100 hari, maka kalian akan menjadi manusia," kata Hwanung.
Legenda Dangun, Legenda Leluhur Bangsa Korea
Beruang dan harimau menerimanya dan masuk ke dalam gua. Harimau tidak bisa menahan dirinya untuk tidak terkena sinar matahari sehingga setelah beberapa hari ia keluar dari gua. Sedangkan beruang dengan sabar menaati perintah Hwanung dan berubah menjadi wanita dalam 21 hari saja. Beruang yang sudah menjadi wanita tersebut hanya bisa berdoa kepada khayangan dan menanti agar bisa memiliki anak karena tidak ada pasangan yang dapat ia nikahi.
Hwanung mendengar doa tersebut, kemudian ia menikahi wanita yang berasal dari beruang itu. Dari pernikahan mereka, lahirlah seorang anak laki-laki yang disebut Dangun Wanggeom (단군왕검/檀君王儉). Dangun mendirikan sebuah negara yang bernama Joseon (sekarang disebut Joseon Kuno/ Gojoseon) dan menjadi raja pertama di Semenanjung Korea. Dangun memerintah selama 1500 tahun dan wafat di usia 1908 tahun.
Sumber: Riwayat Tiga Kerajaan/Samguk Yusa (삼국유사/三國遺事)
Pernah dipos di Kompasiana: http://www.kompasiana.com/margareth.mega/legenda-dangun-legenda-leluhur-bangsa-korea_54f6b04fa33311b35d8b45bb

No comments:

Post a Comment