Semester 1 di Bahasa dan Kebudayaan Korea UI

Juni 2009, pertama kali saya menjejakkan kaki di Universitas Indonesia untuk mendaftar ulang sebagai mahasiswa baru.

Juli 2009, saat-saat saya mempersiapkan diri untuk ospek UI yang disebut sebagai OKK UI (Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia). Tidak seperti ospek-ospek universitas yang terdengar menyeramkan di tv atau majalah, ospek UI tidak membuat mahasiswa barunya mendapatkan kekerasan dari senior. Yang paling saya ingat pada saat OKK adalah pada saat saya harus membawa tanaman per kelompok dan tanaman itu harus ditanam di kompleks kampus untuk penghijauan. Malah yang saya dengar, pada ospek tahun 2008, para maba (mahasiswa baru) disuruh untuk membawa ikan agar dilepas di danau-danau UI.

Agustus 2009, saat-saat maba dilatih oleh Pak Dibyo untuk menjadi paduan suara untuk wisuda semester genap 2009. Sudah menjadi tradisi di UI bahwa mabalah yang menyanyikan lagu-lagu pada saat wisuda semester genap. Sayangnya, saya tidak mendapatkan kesempatan untuk menyayikan di paduan suara wisuda karena saya mendapatkan tugas sebagai pengibar bendera pada tanggal 17 Agustus 2009 dan menjaga sebagai bagian keamanan pada saat wisuda.

Saya dan Teman-teman Paskibra 2009
September 2009, perkuliahan akhirnya dimulai. Saya mulai kuliah di jurusan yang sebetulnya tidak saya inginkan. Untung saja sebagian besar mabanya tidak tahu bahasa Korea sebelum masuk dan hanya beberapa yang tahu Kpop atau Kdrama sebelum masuk. Berhubung sebagian besar dosennya adalah orang asing, saya dan teman-teman saya hanya bisa bengong di kelas karena tidak paham dosennya berbicara apa hahaha. Oh ya kalau mau tahu saya dan teman-teman belajar apa selama semester satu, bisa dibaca di sini.

Oktober 2009, saatnya dimulai latihan untuk Petang Kreatif (PK) FIB UI. Apa sih Petang Kreatif itu? Petang Kreatif itu adalah saat para maba-maba menunjukkan kebolehan mereka dalam berteater. Maba dari setiap jurusan wajib menampilkan pertunjukan teater selama 20-30 menit. Para senior pun wajib menempa junior mereka yang masih maba selama setiap hari sampai H-1 tampil. Pada awalnya sebagai maba, saya juga tidak mengerti apa pentingnya acara ini. Namun, setelah saya menjadi senior, saya jadi paham, maksud dan tujuan acara ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendekatkan para maba yang tidak tahu satu sama lain sebelum masuk kuliah. Selain itu, para senior dan junior juga bisa menjadi dekat satu sama lain selama masa latihan PK ini. Malah menurut saya, dibanding ospek-ospek tidak penting yang ada di universitas lain, cara ini lebih efektif untuk mendekatkan dan memperkenalkan maba mengenai senior dan universitas. PK sendiri merupakan salah satu dari rangkaian acara Festival Budaya (Fesbud) yang diadakan setiap bulan Desember di FIB UI. Mau tahu lebih jelas mengenai Fesbud? Kamu bisa membacanya disini.

Mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Korea UI Angkatan 2009, Sesaat Sebelum Naik ke Pentas Petang Kreatif
Desember 2009, kami para mahasiswa baru Bahasa dan Kebudayaan Korea UI menampilkan hasil karya kami, yaitu pentas teater berjudul "Silk of the War". Rindu sekali masa-masa itu ^^~

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

인도네시아 민요 소개

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School