Tuesday, October 6, 2015

Arirang Festival

Buku acara, tiket, dan selimut Arirang Festival (dok. pribadi)
Saya dan teman-teman berkesempatan untuk menonton Festival Arirang yang diadakan di Istana Gyeongbok (Gyeongbokgung) pada tanggal 5 Oktober 2015. Festival ini diadakan sebagai salah satu rangkaian acara peringatan kemerdekaan Korea Selatan ke-70. Korea Selatan sendiri merdeka pada tanggal 15 Agustus 1945, hanya berbeda dua hari dengan Indonesia. 

Panggung yang dipasang di depan Istana Gyeongbok (dok. pribadi)
Di dalam festival ini, berbagai macam bentuk Arirang dinyanyikan. Dari mulai beberapa jenis nyanyian rakyat Arirang yang berbeda, hingga Arirang yang digubah dengan jenis musik jazz, hip hop, dan sebagainya. Arirang sendiri sebetulnya adalah nyanyian rakyat (minyo/민요) yang memiliki berbagai jenis versi namun yang paling sering dinyanyikan adalah versi Gyeonggi Arirang.

Parade tarian dan pungmulnori (dok. pribadi)
Acara dibuka dengan parade para penari dan pemain samulnori dan dilanjutkan dengan permainan musik dan tarian tradisional Korea. Setelah itu dilanjutkan dengan nyanyian Arirang tradisional oleh Kim Yeongim. 

Ailee membawakan salah satu lagunya yang berjudul Singing Got Better (dok.pribadi)

Kemudian acara dilanjutkan dengan Youth Stage dengan artis-artis idola muda, yaitu SISTAR, Kim Taewoo, dan Ailee. Arirang kemudian dinyanyikan oleh berbagai artis lain dalam berbagai bentuk seperti hip hop arirang, festival arirang, dan jazz arirang. Grup SG Wannabe juga tampil membawa lagu hits mereka dan menyanyikan juga lagu arirang. Acara dilanjutkan dengan lagu Gang Gang Sulai yang dinyanyikan oleh Song Sohee. Song Sohee adalah salah seorang penyanyi lagu tradisional Korea berbakat yang sangat terkenal akan kemampuannya menyanyikan sijo dan pansori.

Song Sohee (sumber: http://www.allkpop.com/article/2015/02/17-year-old-gukak-musician-song-so-hee-sued-for-not-properly-sharing-profits-with-her-agency)
Yang menarik adalah Global Arirang, yaitu paduan suara yang menyanyikan Arirang. Anggotanya terdiri dari orang-orang Korea yang tinggal di luar Korea, keturunan Korea Utara, dan orang-orang asing. Bahkan ada orang Indonesia yang bernama Vicky Jasmine ikut dalam paduan suara ini lho!

Global Arirang (dok. pribadi)
Acara dilanjutkan dengan lagu Pinochio yang dinyanyikan oleh penyanyi veteran Korea, Insooni. Akhir dari acara ini adalah para penyanyi dan penonton diajak untuk menyanyi Arirang bersama. Menurut saya, konsep acara dan juga latar panggung sangat bagus, akan tetapi manajemen acaranya cukup buruk. Penonton diminta untuk mendaftar di website dan mengantri untuk masuk dua jam sebelum acara. Penonton bisa masuk mulai jam enam dengan cukup tertib. Awalnya bangku depan dikosongkan namun 10 menit sebelum acara dimulai, penonton yang tidak memiliki tiket dipersilahkan masuk dan dapat duduk di baris depan. Acara pun terlambat 5 menit dari jadwal.

No comments:

Post a Comment