Donor Darah di Korea

Siapa bilang kita gak bisa donor darah di Korea? Walaupun kita WNA, kita bisa mendonorkan darah kita di palang merah terdekat dengan berbagai ketentuan. Menurut situs bloodinfo, syarat seorang WNA untuk bisa mendonorkan darahnya di Korea adalah sudah tinggal minimal selama 1 tahun di Korea dan tidak pernah keluar dari Korea selama 90 hari berturut-turut. Jika syarat itu sudah kamu penuhi, datang saja ke palang merah terdekat dengan membawa kartu ARC, tentu saja kalau kamu sehat ya!

Syarat umum lainnya untuk mendonorkan darah adalah sehat, berusia 17-69 tahun, memiliki berat badan normal (minimal 45 kg untuk perempuan dan 50 kg untuk laki-laki), tekanan darah normal, hemoglobin normal, suhu tubuh di bawah 37,5 derajat, cukup tidur pada malam sebelumnya (minimal 4 jam), dan sudah makan berat sebelum donor.



Aku sendiri sudah 10 kali donor darah di Korea. Dari 3 jenis donor darah di Korea, aku sudah pernah mendonorkan seluruh komponen darahku (whole blood donor) sebanyak 2x dan mendonorkan plasma darah sebanyak 8x. Biasanya jumlah darah yang diambil berbeda-beda, tapi pada umumnya sekitar 320-450 ml per orang. Dari segi waktu, kalau donor seluruh komponen darah itu biasanya cuma sebentar, cuma 15-25 menit selesai. Tapi kalau donor plasma darah, itu bisa sampe 45 menit-1 jam. Aku belum pernah donor plasma darah dan trombosit sekaligus, tapi yang aku dengar waktunya sama dengan donor plasma darah, sekitar 1 jam.

Aku memakai aplikasi Red Connect untuk reservasi donor darah dan cek kesehatanku. Sayangnya, aplikasi ini tidak tersedia dalam bahasa Inggris, tetapi hanya tersedia dalam bahasa Korea. Dalam aplikasi ini kita bisa cek sudah berapa banyak kita donor darah di Korea, lokasi palang merah terdekat, tanggal dan jam reservasi, serta hasil cek darah pada donor terakhir. Semuanya lengkap pada satu aplikasi saja.


Pas sebelum, saat, dan setelah donor darah, biasanya perawat akan menawarkan minum karena cairan tubuh kita akan berkurang. Terutama saat donor plasma darah, biasanya perawat akan 'memaksa' kita untuk minum minuman ion seperti pocari sweat saat proses donor darah. Nah, waktu menawarkan minuman itu, biasanya kita juga akan disodori buku voucher. Setiap pendonor darah bisa mendapatkan 1-2 voucher sebagai bukti terima kasih atas sumbangan darah kita. Kalau aku sendiri, aku selalu ambil voucher nonton bioskop atau voucher minum boba hehehe.....

Walaupun bisa dapat hadiah terus, kita tidak bisa terlalu sering mendonorkan darah kita. Untuk donor plasma dan/atau trombosit darah, rentang waktunya cukup sebentar, yaitu 2 minggu dan maksimal 24x setahun. Akan tetapi untuk donor seluruh komponen darah, rentang waktunya adalah 2 bulan, dan kita hanya bisa donor sebanyak maksimal 5x dalam setahun. Bahaya 'kan kalau kita terlalu banyak kehilangan darah?

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

인도네시아 민요 소개

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School