Iseng Ikut Pertandingan Ssireum, Eh Malah Dapat Juara 3



Pada Januari 2016, saya ingat sekali saya melihat iklan di Facebook mengenai perekrutan mahasiswa asing yang tertarik untuk mengikuti kompetisi Ssireum di Korea Selatan. Ssireum sendiri adalah olahraga gulat tradisional Korea Selatan yang sudah dilakukan dari zaman prasejarah dan masih disukai oleh masyarakat Korea Selatan hingga sekarang. Kompetisi ssireum lazim ditayangkan di TV pada saat libur panjang tahun baru Imlek di Korea Selatan.

Saya mendaftar dan tidak disangka-sangka dihubungi kembali untuk mengikuti kompetisi di bidang perseorangan dan tim. Saya masuk ke dalam tim Asia Tenggara dan jujur saja, kami adalah grup dengan badan yang paling kecil dari semua tim yang ada. Tim-tim dari Eropa dan Amerika berbadan besar-besar dan kami dari awal sudah merasa kalau kami 100% pasti akan kalah sehingga kami hanya menganggap kompetisi kali ini hanya sebagai liburan saja. Kompetisi ini diadakan oleh salah satu stasiun TV di Korea Selatan, yaitu MBC Sports+ dan syuting diadakan di luar kota sehingga kami betul-betul merasa ini hanyalah jalan-jalan.



Syuting diadakan selama dua hari dan kami melakukan babak penyisihan untuk bidang perseorangan di hari pertama dan babak lanjutannya di hari kedua. Tak disangka pertandingan berlangsung sangat seru dan kami mendapatkan juara ke-3 di bidang tim. Saya pun tak disangka-sangka bisa mendapatkan juara ke-3 di bidang perseorangan. Kalau kamu tertarik untuk melihat kompetisinya, kamu bisa menontonnya di Youtube yang terbagi menjadi dua bagian. Kamu bisa menonton bagian pertamanya di sini dan bagian keduanya di sini.


Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

인도네시아 민요 소개

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School