Mencoba Menyanyikan Pansori di Korea Selatan

National Theater of Korea yang berada di Korea Selatan menyediakan akademi seni tradisional Korea bagi WNA. Siapapun WNA yang berminat bisa mengikuti kursusnya yang biasanya dibuka setiap semester musim semi dan semester musim gugur. Setelah satu semester selesai, biasanya para siswa wajib menampilkan apa yang dipelajari selama satu semester di depan teman-temannya. Biayanya sangat murah, yaitu hanya 30.000 KRW atau sekitar 390.000 rupiah per 2,5 bulan.

Kelas yang disediakan oleh NTOK ada tiga, yaitu samulnori, pansori, dan tari tradisional Korea. Samulnori adalah alat musik tradisional Korea dan pansori adalah cara mendongeng tradisional Korea. Tari tradisional yang diajarkan juga berbeda setiap semester sehingga siswa yang ingin mengikuti pelajaran setiap semester tidak perlu kuatir akan bosan.

Saya mengikuti kelas pansori pada tahun 2016-2018. Selama itu, saya belajar berbagai cerita yang ada di dalam pansori, antara lain Chunhyang, Heungbu, Simcheong, Istana Bawah Air, dan juga Tebing Merah. Pansori tradisional biasanya dinyanyikan sangat panjang, sekitar 8 jam. Dahulu kala, pansori adalah salah satu hiburan masyarakat. Akan tetapi, di masa modern ini, pansori berubah menjadi pendek dan hanya dinyanyikan sebagian saja. Saya pun hanya belajar satu adegan saja per semester.

Tertarik dengan akademi ini? Cek Visit Korea dan website resmi NTOK ya!


Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

인도네시아 민요 소개

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School