Pengsoo, Penguin Paling Terkenal di Korea

Sumber: https://en.yna.co.kr/view/AEN20191129001800315


Mungkin kalau fans internasional mengenal BTS, Blackpink, dan sebagainya sebagai bintang besar Korea, fans lokal Korea punya bintang besar yang meledak di tahun 2019, yaitu Pengsoo. Karakter penguin ini dibuat oleh EBS, stasiun televisi edukasi Korea. Pengsoo pertama kali muncul di bulan April 2019 sebagai tokoh pendidikan bagi anak-anak kecil tetapi malah lebih disukai oleh semua umur, terutama oleh massyarakat berusia 30-40an.

Alasan Pengsoo disukai oleh banyak kalangan adalah sikapnya yang cukup 'lancang' dan tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di Korea. Salah satu 'kelancangan'nya adalah berani untuk memanggil nama atasannya, berani untuk bersikap di depan orang yang lebih tua, dan berani mempertanyakan hal-hal yang dia tidak mengerti. Hal ini berbeda jauh dengan norma-norma di Korea di mana orang-orang yang lebih muda dan derajatnya lebih rendah, harus menurut kepada orang yang lebih tua dan atasan. Selain itu, yang lebih muda juga wajib berbicara dalam bahasa yang sopan dan tidak menatap mata yang lebih tua. Pengsoo mendobrak semua norma itu.

Pengsoo yang berusia 10 tahun dan berasal dari Kutub Selatan diceritakan fasih berbahasa Korea dan suka bersikap sesuai yang dia inginkan. Dia juga suka musik sehingga suka belajar dan menyanyikan lagu-lagu Korea. Pengsoo bahkan sudah debut dan menampilkan lagunya di tahun 2020. Tak hanya itu, banyak sekali iklan di Korea Selatan yang mengambil Pengsoo sebagai bintangnya. Bahkan Pengsoo memenangkan penghargaan tinggi di Baeksang Art Awards Korea Selatan sebagai program TV edukasi terbaik.

Jadi jangan heran dengan popularitas Pengsoo saat ini di Korea Selatan. Banyak perusahaan yang memperebutkan Pengsoo untuk dijadikan bintang iklannya. Kamu bahkan bisa membeli merchandise-nya yang sudah dijual dimana-mana di Korea Selatan. Jika tertarik membaca lebih lanjut, kamu bisa membaca laman Wikipedianya serta berita di Yonhap dan BBC.

Sumber: https://en.yna.co.kr/view/AEN20191129001800315


Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

인도네시아 민요 소개

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School