Berada Satu Frame dengan Presiden Indonesia


Mungkin ada benarnya kalau kita bisa bertemu dengan presiden negara kita saat kita berada di negara lain. Saya merasa saat saya berada di Indonesia, saya tidak bisa bertemu sama sekali dengan presiden Indonesia. Akan tetapi, saat berada di Korea Selatan, saya bahkan bisa bertemu dua kali dengan presiden, yaitu di tahun 2016 dan di tahun 2018. Pada tahun 2016, presiden bertemu dengan ratusan WNI di auditorium Hotel Lotte di Seoul, tak terbayang betapa riuhnya para WNI yang sangat senang bertemu dengan presidennya.

Pada kunjungan presiden tahun 2018, tidak ada pertemuan besar dengan para WNI karena jadwal presiden yang sangat padat. Namun saya beruntung karena saya menjadi satu di antara 20 orang mahasiswa S3 Indonesia di Korea Selatan yang bisa bertemu dengan beliau. Kami diberi kesempatan untuk berjalan pagi bersama presiden dan ibu negara sambil mengobrol mengenai keadaan WNI di Korea Selatan. Di sela-sela jalan pagi tersebut, kami juga diberi kesempatan untuk berfoto bersama beliau. Saat berjalan di Cheonggyecheonlah, saya mendapatkan kesempatan untuk berfoto bersama presiden, ibu negara, dan ibu dubes. Kesempatan langka ini tentu saja tidak akan saya lupakan dan menjadi memori bagi saya selama menempuh pendidikan di Korea Selatan.

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

인도네시아 민요 소개

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School