Seoraksan di Bulan September



Seoraksan merupakan salah satu tujuan wisata utama pada musim gugur di Korea Selatan. Puncak kunjungan turis ke Seoraksan biasanya saat hari raya Chuseok atau pada bulan Oktober. Dedaunan yang berwarna hijau, kuning, dan merah membuat mata kita dimanja. Tidak heran turis asing dan turis domestik memadati Seoraksan di bulan Oktober. Kalau kamu mau berjalan-jalan ke Seoraksan, terutama di bulan Oktober, pastikan kalau kamu sampai di pintu utama Seoraksan sebelum jam 10 pagi supaya tidak ramai orang.

Menurut laman Visit Korea, ada beberapa jalur hiking di Seoraksan, akan tetapi untuk pemula, saya hanya menyarankan dua trek, yaitu:
▲ Gwongeumseong Fortress Course (30 min / 1.5 km): Sogongwon → Cable Car → Gwongeumseong Fortress
▲ Biryong Falls (Towangseong Falls Observatory) (1 hr, 2.8 km): Sogongwon → Yukdam Falls → Biryong Falls → Towangseong Falls Observatory
Kamu bisa mengunjungi trek ini kalau kamu masuk Seoraksan dari kota Sokcho. Ada beberapa cara untuk mengunjungi Seoraksan, tetapi yang paling cepat dan nyaman adalah naik bus kota dari kota Sokcho. Biasanya tiket cable car sangat cepat habis sehingga kamu harus membeli dari pagi untuk bisa naik saat siang hari. Harga tiketnya adalah 11.000 KRW.



Untuk bisa mengunjungi Seoraksan dari Seoul, kamu bisa naik bus antar kota dari Express Bus Terminal. Bus berangkat setiap 30 menit sekali dari terminal ke Sokcho, dan ada 3 jenis bus yang bisa kamu naiki, yaitu bus biasa (일반버스) seharga 15.600 KRW, bus yang bagus (우등버스) seharga 20.300 KRW, dan bus premium (프리미엄 버스) seharga 26.300 KRW untuk sekali jalan.  Perjalanan dari Seoul hingga Sokcho memakan waktu sekitar 2 jam 20 menit kalau tidak macet.

Setelah tiba di Terminal Bus Sokcho, kamu bisa naik bus kota dari halte yang persis ada di depan terminal. Nomor busnya adalah 7-1 dan biayanya sebesar 1.260 won dengan menggunakan T-money. Perjalanan dari terminal hingga ke pintu masuk Seoraksan memakan waktu sekitar 50 menit jika tidak macet. Sebagai catatan, bus ini jarang datang sehingga kamu bisa menunggu sekitar 10-30 menit untuk bisa naik bus ini. Selain itu, turis lokal juga banyak yang menaiki bus ini sehingga kamu harus berebut tempat di dalam bus dengan turis lokal.

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

인도네시아 민요 소개

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School