Studi Banding tentang Vanishing Hitchhiker antara Korea dan Indonesia (Bagian 2)

 Yang disebut sebagai legenda urban adalah kisah-kisah yang berkaitan dengan kota, biasanya dibagikan dari mulut ke mulut sebagai suatu kisah atau gosip mengenai suatu hal yang dianggap sebagai kejadian nyata. Kisah mengenai <Vanishing Hitchhiker> adalah salah satu kisah legenda urban yang paling terkenal di seluruh dunia. Legenda ini menceritakan mengenai seorang penumpang (biasanya perempuan) uang menumpang suatu kendaraan tetapi membuat supir kendaraan tersebut ketakutan karena penumpang itu tiba-tiba hilang. Kisah-kisah horor ini banyak tersebar di Afrika dan Amerika serta sudah menjadi bahan penelitian bagi para peneliti legenda urban. Kisah horor ini juga tersebar di Korea Selatan dan juga menjadi bahan yang menarik bagi banyak peneliti. Salah satu kisah yang terkenal di Korea adalah "Hantu Jayu-ro"

"Pada suatu malam yang sunyi, sebuah mobil sedang melewati jalan yang disebut jalan Jayu-ro. Karena malam sudah larut, tidak banyak orang atau mobil yang melalui jalan tersebut, tetapi tiba-tiba ada seorang wanita yang memakai kacamata hitam yang berdiri di depan mobil tersebut dan meminta mobil itu untuk berhenti. Supir mobil tersebut lalu mendekati wanita tersebut, akan tetapi ternyata wanita itu tidak memakai kacamata hitam, tetapi tidak memiliki mata sama sekali sehingga yang terlihat hanya lubang hitam pada bagian yang seharusnya menjadi mata. Supir mobil tersebut lalu ketakutan dan kabur. Setelah itu, sang supir baru mengetahui kalau wanita tersebut adalah hantu dari korban pembunuhan di jalan Jayu-ro."

Yang dimaksud dengan hitchhiker adalah seseorang yang meminta tolong untuk menumpang sebuah kendaraan di tengah jalan dengan menjulurkan tangan, akan tetapi budaya ini tidak ada di Korea sehingga kisah horor yang beredar di Korea seringkali terkait dengan hantu yang menumpang di taksi. Kisah-kisah ini biasanya dibagikan melalui internet. Di Indonesia pun kisah horor seperti ini sangat banyak dan dibagikan melalui internet.


Sumber: 염원희. 2020. 한국과 인도네시아의 <사라진 히치하이커(The Vanishing Hitchhiker)> 비교 연구. 한국학연구 72: 105-137.

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

인도네시아 민요 소개

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School