Apakah kamu bahagia?

Apa sih kebahagiaan itu? Apakah memiliki uang yang banyak bisa membuat kita bahagia? Apakah bisa keliling dunia bisa membuat kita bahagia? Atau apakah bekerja sesuai dengan passion bisa membuat kita bahagia? Kebahagiaan itu relatif. Setiap orang memiliki standarnya masing-masing. Dan aku juga mempunyai standarku sendiri.

 

Dulu, kupikir aku akan bahagia apabila aku bisa bekerja sesuai dengan passionku dan juga mendapatkan uang lebih banyak dari honor atau gaji standar orang lain. Tapi, ternyata setelah menjalaninya, aku tetap tidak merasa bahagia. Ya, aku lebih senang dibanding dulu, tetapi aku tidak bahagia. Hari-hariku dihabiskan dengan kekhawatiran mengenai masa depanku karena bekerja sesuai dengan passion hanya terasa senang di awal, tetapi ke tidak untuk seterusnya. Apalagi apabila kita menemukan masalah dalam pekerjaan kita.

 

Aku akhirnya mencoba untuk membaca beberapa artikel dan buku terkait dengan pengembangan diri dan belajar untuk mencari kebahagiaan dari hal-hal kecil di sekelilingku. Hal ini bisa dimulai dari mencari tahu apa yang aku sukai. Aku suka untuk membaca buku dan mempelajari suatu hal yang baru, sehingga aku mencoba menghabiskan waktu senggangku untuk membaca buku dan belajar bahasa Inggris. Tak disangka, ternyata hal-hal kecil seperti ini membuatku merasa lebih bahagia dibanding hanya bekerja saja.

 

Ternyata kebahagiaan bisa dicari melalui hal-hal kecil yang ada di sekeliling kita. Apakah kamu sudah bahagia?

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

인도네시아 민요 소개

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School