Tidak ada di buku teks

Mungkin….. Mungkin kita baru merasakan hidup bersosialisasi yang seutuhnya pada saat kita masuk universitas. Kita belajar untuk hidup mandiri tanpa orang tua, belajar untuk mengatur jadwal sendiri, belajar untuk mendapatkan pekerjaan, dan belajar untuk bekerja. Sebagian besar dari hal itu tidak diajarkan di jenjang sekolah maupun universitas, dan kita harus menghadapinya sendiri. Mampukah kita mempelajari suatu hal yang tidak ada di buku teks?

 

Salah satu hal yang saya ingat saya mulai pelajari pada masa perkuliahan dan masih saya pelajari sampai sekarang adalah bagaimana kita bisa ‘membaca’ orang lain. Sebagai makhluk sosial, manusia harus bertemu dan berinteraksi dengan orang lain, sehingga kita harus memahami orang lain agar bisa masuk ke dalam lingkungan sekitar kita. Lalu terkadang orang lain berbicara atau melakukan sesuatu dengan tujuan tertentu, sehingga kita ‘dipaksa’ untuk memahami apa tujuan orang tersebut. Kita juga harus mencari tahu sendiri apakah orang tersebut bertujuan baik ataukah buruk kepada diri kita.

 

Tidak semua orang itu baik, dan tidak semua orang itu jahat. Dunia itu sebenarnya abu-abu. Orang yang kita kenal, pasti ada sisi baik dan sisi buruknya. Semua orang adalah manusia, tidak ada yang sempurna. Seseorang yang kita lihat sangat sukses dan bahagia pun, belum tentu kehidupan aslinya terlihat seperti itu. Kita diajari untuk memperhatikan dan membandingkan orang lain dengan diri kita sendiri, yang membuat diri kita sendiri tidak bahagia.

 

Kita tidak bisa menjadi orang baik di mata semua orang. Pasti ada saja orang yang menyukai dan juga ada juga orang yang membenci kita. Saya merasa kita lebih baik agar menjadi orang yang nyaman dengan diri kita sendiri, dan mengetahui apa rahasia kebahagiaan kecil yang bisa kita rasakan di sekeliling kita. Saya merasa sudah cukup sakit kepala karena memikirkan satu per satu apa yang dikatakan oleh orang lain kepada saya. Lebih baik saya fokus untuk diri saya sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Korea UI? Hmmm......

인도네시아 민요 소개

Call for Applications: 2022-2023 LG Global School